Berita Ragam

Ragam Karya dan Seni di Jong Batak’s Arts Festival #5

Ragam Karya dan Seni di Jong Batak’s Arts Festival #5

MEDANWOW.COM – Hari kedua dilaksanakannya Jong Batak’s Arts Festival #5 ternyata mengundang antusiasme pengunjung. Kali ini tidak hanya pelajar, tetapi kalangan mahasiswa dan masyarakat umum juga memadati Taman Budaya Sumatera Utara. Meskipun sempat hujan, namun tidak menurunkan niat pengunjung untuk datang ke JBAF #5.

Setelah Drama Tari “Ratok Lareh Pangulu’ sebagai penutup di hari pertama, hari ini (27/10/2018) sebagai hari kedua dari acara JBAF #5 kembali hadir dengan banyaknya pertunjukan seni budaya dan tradisi. Hari kedua ini dibuka dengan pertunjukan karya tari dari lima koreografer dari Sumatera, diantaranya Cyntia Alda Faja (Jambi) dengan karya tari “Interplay”, Nandra Manalu,M.Sn (ISBI Aceh) dengan karya tari “Ratoeh Jaroe”, Tri Putra Mahardika (Jambi) dengan karya tari “Energy of Space”, Wan Harun Ismail (Pekan Baru) dengan karya tari “Klenjek” yang diproduksi oleh Wan Dance Studio.

Dan kemarin juga sudah terealisasi Pesta Budaya dari Simalungun yang disambut sangat meriah oleh penonton. Di hari kedua ini juga di meriahkan dengan Pesta Budaya dari Karo yaitu Gendang Guro-guro Aron.

“Tradisi ini biasanya dilaksanakan pada saat musim panen telah tiba, sebagai suatu upacara ucapan syukur karena telah memberi hasil panen yang melimpah. Tradisi ini juga biasanya dilakukan oleh para muda-mudi”, ujar Brepin Tarigan, S.Sn,M.Sn (Direktur Program Rumah Karya Indonesia)

Sebagai penutup di hari ini (28/10/2018), ada pertunjukan dari koreografer lokal yakni Perry Sagala (Samosir) dengan karya tari “Tona”. Dan besok tanggal 28 Oktober 2018 adalah penutupan dari tiga hari JBAF #5, dan masih banyak lagi kegiatan seni yang akan hadir.

Leave a Comment